Friday, November 2, 2018

Materi 8 : SEMANTIC NETWORK PEMBELAJARAN KIMIA

Semantic network adalah representasi yang mengekspresikan solusi permasalahan dengan menggunakan network (graph berarah). Semantik Network merupakan teknik representasi dalam AI (artificial intelligence) klasik untuk informasi proposional, sehingga sering kali disebut sebagai poporsional network. Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah da pertama kali dikembangkan untuk AI sebagai cara untuk mempresentasikan memory dan pemahaman bahasa manusia.

Kata semantik sendiri menunjukkan berbagai ide – yang populer sangat teknis. Hal ini sering digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk menunjukkan pemahaman tentang isu-isu yang datang dengan pilihan kata atau konotasi. Pemahaman tentang masalah telah menjadi subyek dari banyak pertanyaan formal, dalam jangka panjang, khususnya di bidang semantik formal.
     Pengertian Semantic networking/ Web  adalah pengembangan dari World Wide Web di mana makna semantik dari informasi di web didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Semantic Web berasal dari World Wide Web Konsorsium dari Web sebagai media universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan.

   Semantic Web terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Semantic Web yang dinyatakan sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Semantic Web disajikan dalam spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep, istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.

  Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web Semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.
    Web Semantik merujuk kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin. Web Semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.

        Pada saat ini, semantic networking/web digunakan juga dalam ilmu pengetahuan sebagai titik tolak dalam perkembangan web science dan inovasi AI. semantik networking ini layaknya istem kerja syaraf otak yang selalu beproses (stimulus-respons), maka dari itu dalam proses pembelajaran semantik network ini sangat penting terutama pada saat AI ini mulai gencar disosialisasikan.

SEMANTIC NETWORKING/WEB DALAM PEMBELAJARAN

    Semantic networking/web memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, terutama kimia, siswa dituntut untuk dapat mengaitkan fenomena-fenomena yang terjadi disekitarnya dengan materi pembelajaran yang harus mereka pelajari. Namun, menuntut siswa saja untuk cakap ber'semantik" tidaklah benar, maka dari itu peran guru sangat besar dalam hal ini, Guru diharapkan mampu bekerja secara profesional agar siswa dapat berpikir layaknya semantik networking/web yang ada dikomputer /AI. Guru pada saat ini dan dengan kemajuan teknologi ke depannya harus mampu membuat produk pembelajaran atau mendesain pembelajaran yang unlimited (baik ruang, waktu, informasi) tetapi tetap relevan dan sesuai apa yang dibutuhkan oleh guru tersebut dimanapun ia ditempatkan.
         
        Dengan adanya desain pembelajaran berbasis semantik networking/web maka, diharapkan siswa-siswa yang diajarkan dapat berpikir secara HOTS dan dapat mengimplikasikan apa yang sudah dipelajari melalui materi terutama kimia kedalam kehidupan nyata atau sehari-harinya.


Berikut ini contoh semantik network dalam pembelajaran kimia pada materi kimia Sel Elektrokimia :




Permasalahan :
1. Menurut anda,  bisakah kita sebagai guru mengembangkan cara berpikir siswa menjadi semantic network, setidaknya membantu dan mengarahkan siswa menjelaskan materi terars haeperti semantic network ini!
2. bagaimanakah pendapat Anda mengenai semantic network buatan saya, apakah sudah bisa dikatakan sebagai kategori semantic network, apakah masih bisa dikembangkan? berikan saran anda!

14 comments:

  1. menurut saya semantik network yang melda buat sudah cukup baik dan variatif, ada games juga sebagai kegiatan relaksasinya sehingga pembelajaran lebih menyenangkan, semantik yang dibuat oleh melda mungkin akan bisa lebih dikembangkan lagi menjadi lebih luas sehingga wawasan siswa yang belajar menggunakan konsep ini dapat meningkat

    ReplyDelete
  2. sebagai guru kita bisa mengembangkan cara berpikir siswa menjadi semantic network, setidaknya membantu dan mengarahkan siswa menjelaskan materi terars haeperti semantic network ini. hanya kendalanya pola pikir anak yang mesti kita arahkan.

    ReplyDelete
  3. Menurut saya semantik network yang melda buat sudah cukup baik dan variatif,Juga sudah di lengkapi dengan games, sarannya tambahkan literasi dalam semantc network saudari .

    ReplyDelete
  4. Saya sependapat dengan teman teman. Namun disini saya ingin bertanya teknologi AI yang seperti apa yg kk buat dalam pembelajaran?
    Disini saya liat sudah cukup variatif proses pembelajarannya. Dan interaksi siswa sudah bisa terlihat.

    ReplyDelete
  5. menanggapi permasalahan nomor 1 ini menurut saya mengembangkan cara berpikir siswa menjadi layaknya semantic network ini bisa kita lakukan dengan cara dilatih dan pembiasaan. contohnya seperti yang saat ini kita lakukan saat ini merupakan pembiasaan dalam penerapan pembelajaran semantik network. selanjutnya bila hal serupa dapat kita tepakan pada siswa nantinya maka siswapun akan dapat terlatih dan paham dalam melaksanakan pembelajaran semantik network ini.

    ReplyDelete
  6. kita bisa mengembangkan cara berpikir siswa menjadi semantic network, setidaknya membantu dan mengarahkan siswa menjelaskan materi terars haeperti semantic network ini. hanya kendalanya pola pikir anak yang mesti kita arahkan.

    ReplyDelete
  7. menurut saya bisa karna semantik network Ini, sama dengan mind mapping sehingga memudahkan siswa untuk mengorganisir kegiatan" mereka. lalu, menurut saya semantik network yg kakak buat sudah bagus. mungkin perlu ditambahkan apa yang harus dikuasai oleh siswa. sehingga pembelajaran lebih terarah.

    ReplyDelete
  8. Semantic network yang kak melda buat sudah cukup baik, namun sepertinya perlu ditambahi atau disispi teknologi AI karena saya belum melihat adanya penerapan AI disini dan semantic network dapat mempermudah pemahaman siswa asal semantic yang dibuat jelas dan benar kita harus mengarahkan juga pola pikir siswanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sependapat dengan fani bahwa Semantic network yang melda buat sudah cukup baik, namun sepertinya perlu ditambahi atau disispi teknologi AI karena saya belum melihat adanya penerapan AI disini dan semantic network dapat mempermudah pemahaman siswa asal semantic yang dibuat jelas dan benar kita harus mengarahkan juga pola pikir siswanya.

      Delete
    2. saya sependapat dengan teman-teman bahwa Semantic network yang melda buat sudah cukup baik, namun sepertinya perlu ditambahi atau disispi teknologi AI karena saya belum melihat adanya penerapan AI disini dan semantic network dapat mempermudah pemahaman siswa asal semantic yang dibuat jelas dan benar kita harus mengarahkan juga pola pikir siswanya.

      Delete
  9. saya sependapat dengan saudari rifany yang mengatakan "Semantic network yang kak melda buat sudah cukup baik, namun sepertinya perlu ditambahi atau disispi teknologi AI karena saya belum melihat adanya penerapan AI disini dan semantic network dapat mempermudah pemahaman siswa asal semantic yang dibuat jelas dan benar kita harus mengarahkan juga pola pikir siswanya", dengan penambahan AI sumatic network yang dibuat akan siap diterapkan dalam beberapa waktu yang akan datang.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. saya juga setuju dengan pendapat teman" sebelumnya, bahwa semantic network yang dibuat oleh kak melda sudah cukup baik. namun semakin bagus jika kak melda dapat mengaitkan materi dengan kehidupan dan pengalaman siswa hingga siswa dapat merasakan pembelajaran yang iya jalani dapat bermakna dalam kehidupan mereka.

    ReplyDelete
  12. saya juga setuju dengan pendapat teman" sebelumnya, bahwa semantic network yang dibuat oleh kak melda sudah cukup baik. saran saya agar ditambah soal-soal dan pertanyaan yang bisa mengarahkan siswa berfikir tingkat tnggi, tidak hanya pada level bawah saja.

    ReplyDelete

Materi 14 : INOVASI SINTAK 5E DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Learning Cycle         Siklus belajar 5E  (learning cycle 5E)   adalah salah satu model konstruktivis lengkap dalam kasus pembelajaran b...