Thursday, November 15, 2018

Materi 10 : APLIKASI IOT UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA



Internet of Things (IoT) merupakan teknologi yang menggunakan internet sebagai sarana dalam melakukan sesuatu. Menurut analisa McKinsey Global Institute, internet of things adalah  sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan mesin, peralatan, dan benda fisik lainnya dengan sensor jaringan dan aktuator untuk  memperoleh data dan mengelola kinerjanya sendiri, sehingga memungkinkan  mesin untuk berkolaborasi dan bahkan bertindak berdasarkan informasi baru yang  diperoleh secara independen.
IoT juga sangat berguna dalam otomatisasi seluruh perangkat yang terhubung ke internet dimana konfigurasi otomatisasi tersebut dapat di sesuaikan dengan mudah tanpa harus datang ke lokasi perangkat tersebut. Baik untuk alasan keamanan untuk wilayah yang tidak mungkin dimasuki manusia, maupun untuk alasan jangkauan terhadap perangkat yang akan di kendalikan tersebut.
                Saat inovasi seperti IoT menjadi bagian kehidupan manusia. Tak ayal wacana ini pun akan menjadi sebuah literasi. IoT sendiri menjadi bagian besar dari literasi digital, kemungkinan integrasinya ke dalam pendidikan pun potensial. IoT dalam pendidikan sendiri akan lebih kepada aplikasinya untuk menyokong pengajaran.
Dengan Internet ini, belajar menjadi lebih dinamis dengan cara mengintegrasikan metode tradisional dengan metode baru (IoT). Selain itu, dampak pembelajaran dengan IoT ini juga dinilai mampu menjadikan pelajaran di kelas serta diskusi antar siswa lebih hidup.  Dengan IoT ini akses informasi yang mudah di akses dari mana pun dan kapan pun, akan membuat pelajar mampu mempelajari segala sesuatu yang baru. Bahkan akan mendorong para pelajar untuk mempelajari lebih lanjut lagi.
 Selain itu, IoT juga memberikan pekerjaan yang lebih efisien bagi para pengajar dan pelajar. Contohnya adalah, para pengajar mampu mengoptimalkan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar. Dengan menggunakan cloud, para pengajar juga mampu melihat hasil serta statistik masing-masing pelajar dengan informasi yang lebih cepat dengan cara mengumpulkan data hasil belajar. 
    
          Berikut merupakan inovasi yang saya coba buat dalam aplikasi trend IOT untuk pembelajaran kimia pada materi Elektrokimia. Klik disini




Permasalahan :
Berikan pendapat Anda mengenai inovasi aplikasi IOT pada Video Pembelajaran yang telah saya buat? Berikan Kritik dan saran yang membangun agar saya dapat memperbaiki kesalahan dan dapat membuat video pembelajaran yang leih baik lagi!

Note :
Terluput dari kekurangan aplikasi video yang saya gunakan mengenai watermark yang kebesaran mohon dimaklumi karena RAM notebook tidak memadai untuk aplikasi yang lebih besar memory nya, sehingga mengurangi kualitas video yang saya buat




17 comments:

  1. untuk video yang kk buat sudah sangat bagus dilihat dari penjelasan baik dalam bentuk kata atau gambar, namun disini yang sedit menggangu adalah efek suara yang kurang halus dalam pergantiannya sehingga terjadi tumpang tindih saat menjeaskan sel volta dan elektrolisis

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas sarannya, efek suara yang kurang halus bagaimana? di bagian yang mana bisa nada jelaskan? jika memang suara yang dimaksud adalah suara yang dipercepat itu karna sudah diiringi dengan kalimat penjelasannya sehinnga sambil mendengarkan penjelasan siswa tetap bisa membaca materi yang tertera

      Delete
  2. Good luck Melda, benar yang disampaikan tri tentang efek suara yang sedikit mengganggu. dan semoga kedepannya bisa menghasilkan video pembelajaran lainnya yang lebih nyata lengkap dengan siswa-siswanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas pendapatnya Kak Nelly, namun video pembelajaran yang Melda buat adalah video yang membelajarkan siswa secara mandiri dengan tidak langsung hanya dengan melihat video tanpa harus terlibat di dalam video seperti yang kakak sarankan. Karena memang proses pembuatan video pembelajaran ini berkiblat pada materi Internet of things, siswa bisa belajar dengan apa saja terkhurus hanya dengan melihat video pembelajaran dan untuk mengahadapi masalah seorang guru yang akan digantikan oleh AI di masa depan

      Delete
  3. Menurut saya bagus video pembelajaran yang telah kakak buat, namun saya setuju dengan pendapat kak tri dan kak nelly bahwa efek suara yang ditimbulkan dari pengeditan menyebabkan sedikit terganggu karna suara yang dihasilkan dari pengeditan menjadi kurang halus sehingga terjadi tumpang tindih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas pendapatnya suara yang kurang bagus bagaimana yang saudari maksudkan?

      Delete
  4. sangat bagus dalam pembelajaran diselipkan unsur seni. selain materi pembelajaran tersampaikan, bisa jadi menjadi ajang hiburan lagi anak. namun materi yang disampaikan harus tetap jelas, tidak ada suara yang tumpang tindih.

    ReplyDelete
  5. terimaksih atas pendapat saudara dhani, apakah menurut saudara suara yang saya sampaikan kurang jelas? sura tumpang tindih yang bagaimana bisa anda sebutkan agar saya bisa memperbaikinya di next video

    ReplyDelete
  6. saya setuju dengan pendapat teman" diatas, dan saran saya untuk materinya perlu Anda tambahkan animasi dan aplikasi dari elektrokimia, agar siswalebih tertarik untuk menonton video anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sependapat dengan kak rina saya juga ingin menyarankana untuk menambahkan animasi dan aplikasi dari elektrokimia ini sehingga peserta didik lebih tertarik untuk menonton video yang telah kak melda buat.

      Delete
    2. Saya sependapat dgn teman2 video pembelajaran yg kk melda sudah bagus. Ada lagu nya sambil belajar. Namun disini akan lebih baik lagi jika ditambahkan sedikit animasi atau contoh yg konkrit untuk pemanfaatan dari materi tersebut

      Delete
  7. Video pembelajaran kak melda bagus. Pembawaannya kak melda pun have fun dan tidak terlalu serius sehingga membuat viewers betah dalam menyaksikan video ini. Namun perlu diperhatikan sebaiknya kak melda menambahkan animasi berjalan dari materi ini karena kita ketahui elektrokimia kan perlu adanya animasi agar kita paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dengan pendapat fanny, bahwa media pembelajaran yang dibuat oleh kk melda sudah bagus dan pembawaannya yang rileks sehingga enjoy dan asyik untuk ditonton, namun saran saya diperlukan animasi yang membuat video elektrokimia menjadi menarik.

      Delete
  8. sependapat dengan rekan" sebelumnya bahwa video pembelajaran yang melda buat sangat baik dan sangat bisa diterapkan namun akan lebih baik jika melda bisa menambahkan animasi, soal esai yang bisa siswa diskusikan dari hasil bahasan materi yang telah dibahas. jadi siswa tidak hanya menonton tetapi memahami lebih dalam

    ReplyDelete
  9. Saya setuju dengan pendapat teman2 di atas,
    Materi yang di tampulkan sudah bagus dan juga dalam penyampaian materi saudari melda pembawaan tenang dan tidak monoton.


    Sarannya di tambahkan animasi2 terkait materi nya.

    ReplyDelete
  10. Saya setuju dengan pendapat teman2 di atas, Materi yang di tampilkan sudah bagus dan juga dalam penyampaian materi happy. dan saran saya kak melda dapat meberi animasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  11. saya sependapat dengan kak Rini yang mengatakan "bahwa video pembelajaran yang melda buat sangat baik dan sangat bisa diterapkan namun akan lebih baik jika melda bisa menambahkan animasi, soal esai yang bisa siswa diskusikan dari hasil bahasan materi yang telah dibahas. jadi siswa tidak hanya menonton tetapi memahami lebih dalam", selain itu penambahan animasi akan menjadi lebih menarik dan soal yang diberikan selain untuk didiskusikan jga dapat melatih siswa menjadi lebih trampilan dan kritis.

    ReplyDelete

Materi 14 : INOVASI SINTAK 5E DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Learning Cycle         Siklus belajar 5E  (learning cycle 5E)   adalah salah satu model konstruktivis lengkap dalam kasus pembelajaran b...