Internet
of Things (IoT) merupakan teknologi yang menggunakan internet sebagai
sarana dalam melakukan sesuatu. Menurut analisa McKinsey Global Institute, internet
of things adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk
menghubungkan mesin, peralatan, dan benda fisik lainnya dengan sensor jaringan
dan aktuator untuk memperoleh data dan mengelola kinerjanya sendiri,
sehingga memungkinkan mesin untuk berkolaborasi dan bahkan bertindak
berdasarkan informasi baru yang diperoleh secara independen.
IoT
juga sangat berguna dalam otomatisasi seluruh perangkat yang terhubung ke
internet dimana konfigurasi otomatisasi tersebut dapat di sesuaikan dengan
mudah tanpa harus datang ke lokasi perangkat tersebut. Baik untuk alasan
keamanan untuk wilayah yang tidak mungkin dimasuki manusia, maupun untuk alasan
jangkauan terhadap perangkat yang akan di kendalikan tersebut.
Saat inovasi seperti IoT menjadi bagian kehidupan manusia. Tak ayal wacana ini
pun akan menjadi sebuah literasi. IoT sendiri menjadi bagian besar dari
literasi digital, kemungkinan integrasinya ke dalam pendidikan pun potensial.
IoT dalam pendidikan sendiri akan lebih kepada aplikasinya untuk menyokong pengajaran.
Dengan
Internet ini, belajar menjadi lebih dinamis dengan cara mengintegrasikan metode
tradisional dengan metode baru (IoT). Selain itu, dampak pembelajaran dengan
IoT ini juga dinilai mampu menjadikan pelajaran di kelas serta diskusi antar
siswa lebih hidup. Dengan IoT ini akses
informasi yang mudah di akses dari mana pun dan kapan pun, akan membuat pelajar
mampu mempelajari segala sesuatu yang baru. Bahkan akan mendorong para pelajar
untuk mempelajari lebih lanjut lagi.
Selain itu, IoT juga memberikan pekerjaan yang lebih efisien bagi
para pengajar dan pelajar. Contohnya adalah, para pengajar mampu mengoptimalkan
tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar. Dengan menggunakan cloud, para
pengajar juga mampu melihat hasil serta statistik masing-masing pelajar dengan
informasi yang lebih cepat dengan cara mengumpulkan data hasil belajar.
Berikut merupakan inovasi yang saya
coba buat dalam aplikasi trend IOT untuk pembelajaran kimia pada materi Elektrokimia. Klik disini
Permasalahan :
Berikan pendapat Anda mengenai inovasi aplikasi IOT pada Video Pembelajaran yang telah saya buat? Berikan Kritik dan saran yang membangun agar saya dapat memperbaiki kesalahan dan dapat membuat video pembelajaran yang leih baik lagi!
Note :
Terluput dari kekurangan aplikasi video yang saya gunakan mengenai watermark yang kebesaran mohon dimaklumi karena RAM notebook tidak memadai untuk aplikasi yang lebih besar memory nya, sehingga mengurangi kualitas video yang saya buat
Terluput dari kekurangan aplikasi video yang saya gunakan mengenai watermark yang kebesaran mohon dimaklumi karena RAM notebook tidak memadai untuk aplikasi yang lebih besar memory nya, sehingga mengurangi kualitas video yang saya buat
untuk video yang kk buat sudah sangat bagus dilihat dari penjelasan baik dalam bentuk kata atau gambar, namun disini yang sedit menggangu adalah efek suara yang kurang halus dalam pergantiannya sehingga terjadi tumpang tindih saat menjeaskan sel volta dan elektrolisis
ReplyDeleteterimakasih atas sarannya, efek suara yang kurang halus bagaimana? di bagian yang mana bisa nada jelaskan? jika memang suara yang dimaksud adalah suara yang dipercepat itu karna sudah diiringi dengan kalimat penjelasannya sehinnga sambil mendengarkan penjelasan siswa tetap bisa membaca materi yang tertera
DeleteGood luck Melda, benar yang disampaikan tri tentang efek suara yang sedikit mengganggu. dan semoga kedepannya bisa menghasilkan video pembelajaran lainnya yang lebih nyata lengkap dengan siswa-siswanya.
ReplyDeleteTerimakasih atas pendapatnya Kak Nelly, namun video pembelajaran yang Melda buat adalah video yang membelajarkan siswa secara mandiri dengan tidak langsung hanya dengan melihat video tanpa harus terlibat di dalam video seperti yang kakak sarankan. Karena memang proses pembuatan video pembelajaran ini berkiblat pada materi Internet of things, siswa bisa belajar dengan apa saja terkhurus hanya dengan melihat video pembelajaran dan untuk mengahadapi masalah seorang guru yang akan digantikan oleh AI di masa depan
DeleteMenurut saya bagus video pembelajaran yang telah kakak buat, namun saya setuju dengan pendapat kak tri dan kak nelly bahwa efek suara yang ditimbulkan dari pengeditan menyebabkan sedikit terganggu karna suara yang dihasilkan dari pengeditan menjadi kurang halus sehingga terjadi tumpang tindih
ReplyDeleteterimakasih atas pendapatnya suara yang kurang bagus bagaimana yang saudari maksudkan?
Deletesangat bagus dalam pembelajaran diselipkan unsur seni. selain materi pembelajaran tersampaikan, bisa jadi menjadi ajang hiburan lagi anak. namun materi yang disampaikan harus tetap jelas, tidak ada suara yang tumpang tindih.
ReplyDeleteterimaksih atas pendapat saudara dhani, apakah menurut saudara suara yang saya sampaikan kurang jelas? sura tumpang tindih yang bagaimana bisa anda sebutkan agar saya bisa memperbaikinya di next video
ReplyDeletesaya setuju dengan pendapat teman" diatas, dan saran saya untuk materinya perlu Anda tambahkan animasi dan aplikasi dari elektrokimia, agar siswalebih tertarik untuk menonton video anda.
ReplyDeletesependapat dengan kak rina saya juga ingin menyarankana untuk menambahkan animasi dan aplikasi dari elektrokimia ini sehingga peserta didik lebih tertarik untuk menonton video yang telah kak melda buat.
DeleteSaya sependapat dgn teman2 video pembelajaran yg kk melda sudah bagus. Ada lagu nya sambil belajar. Namun disini akan lebih baik lagi jika ditambahkan sedikit animasi atau contoh yg konkrit untuk pemanfaatan dari materi tersebut
DeleteVideo pembelajaran kak melda bagus. Pembawaannya kak melda pun have fun dan tidak terlalu serius sehingga membuat viewers betah dalam menyaksikan video ini. Namun perlu diperhatikan sebaiknya kak melda menambahkan animasi berjalan dari materi ini karena kita ketahui elektrokimia kan perlu adanya animasi agar kita paham.
ReplyDeletesaya setuju dengan pendapat fanny, bahwa media pembelajaran yang dibuat oleh kk melda sudah bagus dan pembawaannya yang rileks sehingga enjoy dan asyik untuk ditonton, namun saran saya diperlukan animasi yang membuat video elektrokimia menjadi menarik.
Deletesependapat dengan rekan" sebelumnya bahwa video pembelajaran yang melda buat sangat baik dan sangat bisa diterapkan namun akan lebih baik jika melda bisa menambahkan animasi, soal esai yang bisa siswa diskusikan dari hasil bahasan materi yang telah dibahas. jadi siswa tidak hanya menonton tetapi memahami lebih dalam
ReplyDeleteSaya setuju dengan pendapat teman2 di atas,
ReplyDeleteMateri yang di tampulkan sudah bagus dan juga dalam penyampaian materi saudari melda pembawaan tenang dan tidak monoton.
Sarannya di tambahkan animasi2 terkait materi nya.
Saya setuju dengan pendapat teman2 di atas, Materi yang di tampilkan sudah bagus dan juga dalam penyampaian materi happy. dan saran saya kak melda dapat meberi animasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
ReplyDeletesaya sependapat dengan kak Rini yang mengatakan "bahwa video pembelajaran yang melda buat sangat baik dan sangat bisa diterapkan namun akan lebih baik jika melda bisa menambahkan animasi, soal esai yang bisa siswa diskusikan dari hasil bahasan materi yang telah dibahas. jadi siswa tidak hanya menonton tetapi memahami lebih dalam", selain itu penambahan animasi akan menjadi lebih menarik dan soal yang diberikan selain untuk didiskusikan jga dapat melatih siswa menjadi lebih trampilan dan kritis.
ReplyDelete