Sunday, August 26, 2018

Materi 1 : kONSEP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM TERKINI



1.   Definisi Kurikulum
Ø  Menurut UU No.2 tahun 1989 kurikulum yaitu seperangkat rencana dan peraturan, mengenai isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakannya dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar.
Ø  Menurut UU no. 20 tahun 2003 kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang  digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Ø  Dalam bahasa latin kurikulum berarti ”lapangan pertandingan” (race course) yaitu arena tempat peserta didik berlari untuk mencapai finish.
Kurikulum juga diartikan sebagai rencana pembelajaran.

Ø  Menurut Hamid Hasan (1988) mengemukakan bahwa untuk mencari rumusan kurikulum dapat ditinjau dari empat dimensi, yaitu : (1) kurikulum sebagai suatu ide; (2) kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, sebagai perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide; (3) kurikulum sebagai suatu kegiatan, yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis; dan (4) kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan konsekuensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan.

Ø  Menurut Beuchamp (1968 : 6) kurikulum sebagai suatu rencana pengajaran berisi tujuan yang ingin dicapai, bahkan yang aka di sajikan, kegiatan pengajaran, alat-alat pengajaran, dan jadwal waktu pengajaran. 

Dari beberapa defnisi di atas dapat disimpulkan bawa kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

2.   Pengembangan Kurikulum

Merupakan kegiatan menghasilkan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan atau proses mengaitkan satu  komponen dengan yang lainnya untuk menghasilkan kurikulum. Pengembangan kurikulum juga bisa diartikan sebagai kegiatan penyusunan, pelaksanaan, penilaian dan penyempurnaan kurikulum.
Dalam pengembangannya, kurikulum melibatkan berbagai pihak, terutama pihak – pihak yang secara langsung ataupun tidak langsung memiliki kepentingan dengan keberadaan pendidikan yang dirancang, yaitu mulai dari ahli pendidikan, ahli bidang studi, guru, siswa, pejabat pendidikan, para praktisi maupun tokoh panutan atau anggota masyarakat yang lainnya.
Seller dan Miller (1985) mengemukakan bahwa proses pengembangan kurikulum adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan secara terus menerus, yang meliputi Orientasi, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Seller memandang bahwa pengembangan kurikulum harus dimulai dari menentukan orientasi, yakni kebijakan-kebijakan umum meliputi enam aspek : tujuan pendidikan, pandangan tentang anak, pandangan tentang proses pembelajaran, pandangan tentang lingkungan , konsepsi tentang peranan guru, dan evaluasi. Berdasarkan orientasi selanjutnya dikembangkan kurikulum menjadi pedoman pembelajaran, diimplementasikan dalam bentuk proses pembelajaran dan dievaluasi. Hasil evaluasi tersebut kemudian dijadikan bahan dalam menentukan orientasi, begitu seterusnya, hingga membentuk siklus.
Dari pendapat Seller tersebut, pengembangan kurikulum pada hakekatnya adalah pengembangan komponen-komponen yang membentuk sistem kurikulum itu sendiri serta pengembangan komponen pembelajaran. Dengan demikian maka pengembangan kurikulum memiliki dua sisi yang sama penting. Satu sisi sebagai pedoman yng kemudian membentuk kurikulum tertulis (written curriculum atau document curriculum) dan sisi kurikulum sebagai implementasi (curriculum implementation) yaitu sistem pembelajaran.
Proses pengembangan memiliki pengertian berbeda dengan perubahan dan pembinaan kurikulum. Perubahan kurikulum merupakan kegiatan atau proses yang disengaja manakala berdasarkan hasil evaluasi ada salah satu atau beberapa komponen yang harus diperbaiki atau diubah, sedangkan pembinaan adalah proses untuk mempertahankan dan menyempurnakan kurikulum yang sedang dilaksanakan.
3.   Hubungan Kurikulum dan Pembelajaran
Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua hal yang tidak terpisahkan, meski berada pada posisi yang berbeda. Saylor (1981) dalam Ziddan (2011) kurikulum dan pembelajaran bagaikan romeo dan juliet. Jika kita berbicara mengenai Romeo, maka kita juga akan berbicara masalah Juliet. Romeo tidak akan lengkap terasa tanpa juliet, demikian pula sebaliknya. Artinya, pembelajaran tanpa kurikulum sebagai rencana tidak akan efektif, atau bahkan bisa keluar dari tujuan yang telah dirumuskan. Kurikulum tanpa pembelajaran, maka kurikulum tersebut tidak akan berguna.
Selain itu, Olivia (1992) menyatakan bahwa kurikulum berkaitan dengan apa yang harus diajarkan, sedangkan pengajaran mengacu pada bagaimana cara mengajarkannya. Walaupun antara pembelajaran dengan pengajaran dalam hal ini memiliki perbedaan, namun keduanya memiliki kesamaan tolak ukur dalam kasus ini, yaitu bagaimana mengajarkan. Hanya saja pengajaran lebih terpusat pada guru sebagai pengajar, sedangkan pembelajaran menekankan pada penciptaan proses belajar antara pengajar dengan pelajar agar terjadi aktivitas belajar dalam diri pelajar.
Menurut Oemar (2011) belajar sebagai kegiatan inti dari pembelajaran memiliki arti modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. Yang perlu digaris bawahi pada kalimat tersebut adalah memperteguh kelakuan melalui pengalaman, ini membuktikan bahwa belajar sebagai kegiatan inti pembelajaran dipengaruhi oleh kurikulum yang notabenenya merupakan rancangan pengalaman belajar.
Peter F. Oliva (1992) menggambarkan kemungkinan hubungan antara kurikulum dengan pengajaran dalam beberapa model sebagai berikut :
a.     Model dualistis (the dualistic model)
Pada model ini kurikulum dan pengajaran terpisah. Keduanya tidak bertemu. Kurikulum yang seharusnya menjadi input dalam menata sistem pengajaran tidak tampak. Demikian juga pengajaran yang semestinya memberikan balikan dalam proses penyempurnaan kurikulum tidak terjadi, karena kurikulum dan pengajaran berjalan sendiri. Model ini digambarakan sebagai berikut :

b. Model berkaitan (the interlocking model)
Dalam model ini kurikulum dan pengajaran dianggap sebagai suatu sistem yang keduanya memiliki hubungan. Kurikulum dan pengajaran maupun sebaliknya pengajaran dan kurikulum ada bagian yang berkaitan, sehingga keduanya memiliki hubungan. Digambarkan sebagai berikut :


c. Model konsentris (the concentric model)
Pada model ini kurikulum dan pengajaran memiliki hubungan dengan kemungkinan kurikulum bagian dari pengajaran atau pengajaran bagian dari kurikulum. Di sini ada ketergantungan satu dengan yang lain. Model konsentris ini digambarkan sebagai berikut :

d. Model Siklus (the ciclical model)
Model ini menggambarkan hubungan timbal balik antara kurikulum dan pengajaran. Keduanya dianggap saling mempengaruhi. Segala yang ditentukan dalam kurikulum akan menjadi dasar dalam proses pelaksanaan pengajaran. Sebaliknya yang terjadi dalam pengajaran dapat memengaruhi keputusan kurikulum selanjutnya. Dalam model ini hubungan keduanya sangat erat meski kedudukannya terpisah yang berarti dalam analisis juga terpisah. Digambarkan sebagai berikut :

4.   Prinsip Pengembangan Kuriulum
Prinsip-prinsip yang akan digunakan dalam kegiatan pengembangan kurikulum pada dasarnya merupakan kaidah-kaidah atau hukum yang akan menjiwai suatu kurikulum. Dalam pengembangan kurikulum, dapat menggunakan prinsip-prinsip yang telah berkembang dalam kehidupan sehari-hari atau justru menciptakan sendiri prinsip-prinsip baru. Oleh karena itu, dalam implementasi kurikulum di suatu lembaga pendidikan sangat mungkin terjadi penggunaan prinsip-prinsip yang berbeda dengan kurikulum yang digunakan di lembaga pendidikan lainnya, sehingga akan ditemukan banyak sekali prinsip-prinsip yang digunakan dalam suatu pengembangan kurikulum. Sedangkan Asep Herry Hernawan dkk (2002) mengemukakan lima prinsip dalam pengembangan kurikulum, yaitu:
a.     Prinsip relevansi
Secara internal bahwa kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara eksternal bahwa komponen-komponen tersebut memiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat (relevansi sosilogis).

b.     Prinsip Fleksibilitas
Dalam pengembangan kurikulum mengusahakan agar yang dihasilkan memiliki sifat luwes, lentur dan fleksibel dalam pelaksanaannya, memungkinkan terjadinya penyesuaian-penyesuaian berdasarkan situasi dan kondisi tempat dan waktu yang selalu berkembang, serta kemampuan dan latar belakang peserta didik.

c.     Prinsip kontinuitas
Adanya kesinambungan dalam kurikulum, baik secara vertikal, maupun secara horizontal. Pengalaman-pengalaman belajar yang disediakan kurikulum harus memperhatikan kesinambungan, baik yang di dalam tingkat kelas, antar jenjang pendidikan, maupun antara jenjang pendidikan dengan jenis pekerjaan.

d.     Prinsip efisiensi
Mengusahakan agar dalam pengembangan kurikulum dapat mendayagunakan waktu, biaya, dan sumber-sumber lain yang ada secara optimal, cermat dan tepat sehingga hasilnya memadai.

e.     Prinsip efektivitas
Mengusahakan agar kegiatan pengembangan kurikulum mencapai tujuan tanpa kegiatan yang mubazir, baik secara kualitas maupun kuantitas.

5.   Perkembangan Kurikulum di Indonesia
a)     Kurikulum 1947 atau disebut Rentjana Pelajaran 1947
Ini adalah kurikulum pertama sejak Indonesia merdeka. Perubahan arah pendidikan lebih bersifat politis, dari orientasi pendidikan Belanda ke kepentingan nasional. Saat itu mulai ditetapkan asas pendidikan ditetapkan Pancasila. Kurikulum ini sebutan Rentjana Pelajaran 1947, dan baru dilaksanakan pada 1950. Karena kurikulum ini lahir dikala Indonesia baru merdeka, maka pendidikan yang diajarkan lebih menekankan pada pembentukan karakter manusia Indonesia merdeka, berdaulat, dan sejajar dengan bangsa lain di muka bumi ini. Fokus Rencana Pelajaran 1947 tidak menekankan pendidikan pikiran, melainkan hanya pendidikan watak, kesadaran bernegara dan bermasyarakat.

b)     Kurikulum 1952, Rentjana Pelajaran Terurai 1952
Adanya kurikulum ini merupakan penyempurnaan kurikulum sebelumnya, merinci setiap mata pelajaran sehingga dinamakan Rentjana Pelajaran Terurai 1952. Kurikulum ini sudah mengarah pada suatu sistem pendidikan nasional. Seperti setiap pelajaran dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Silabus mata pelajaran menunjukkan secara jelas seorang guru mengajar satu mata pelajaran.

c)     Kurikulum 1964, Rentjana Pendidikan 1964
Pemerintah kembali menyempurnakan sistem kurikulum pada 1964, namanya Rentjana Pendidikan 1964. Kurikulum ini bercirikan bahwa pemerintah mempunyai keinginan agar rakyat mendapat pengetahuan akademik untuk pembekalan pada jenjang SD. Sehingga pembelajaran dipusatkan pada program Pancawardhana, yaitu pengembangan moral, kecerdasan, emosional atau artistik, keprigelan (keterampilan), dan jasmani.

d)     Kurikulum 1968
Kurikulum pertama sejak jatuhnya Soekarno dan digantikan Soeharto. Bersifat politis dan menggantikan Rentjana Pendidikan 1964 yang dicitrakan sebagai produk Orde Lama. Kurikulum ini bertujuan membentuk manusia Pancasila sejati, kuat, dan sehat jasmani, mempertinggi kecerdasan dan keterampilan jasmani, moral, budi pekerti, dan keyakinan beragama. Kurikulum 1968 merupakan perwujudan dari perubahan orientasi pada pelaksanaan UUD 1945 secara murni.
Cirinya, muatan materi pelajaran bersifat teoretis, tidak mengaitkan dengan permasalahan faktual di lapangan. Titik beratnya pada materi apa saja yang tepat diberikan kepada siswa di setiap jenjang pendidikan. Isi pendidikan diarahkan pada kegiatan mempertinggi kecerdasan dan keterampilan, serta mengembangkan fisik sehat dan kuat.

e)     Kurikulum 1975
Pemerintah memperbaiki kurikulum pada tahun itu. Kurikulum ini menekankan pendidikan lebih efektif dan efisien. Menurut Mudjito, Direktur Pembinaan TK dan SD Departemen Pendidikan Nasional kala itu, kurikulum ini lahir karena pengaruh konsep di bidang manajemen MBO (management by objective). Metode, materi, dan tujuan pengajaran dirinci dalam Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (PPSI), dikenal dengan istilah satuan pelajaran, yaitu rencana pelajaran setiap satuan bahasan.

f)       Kurikulum 1984
Kurikulum ini mengusung pendekatan proses keahlian. Meski mengutamakan pendekatan proses, tapi faktor tujuan tetap penting. Kurikulum ini juga sering disebut “Kurikulum 1975 disempurnakan”. Posisi siswa ditempatkan sebagai subjek belajar. Dari mengamati sesuatu, mengelompokkan, mendiskusikan, hingga melaporkan. Model ini disebut Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA).

g)     Kurikulum 1994 dan Suplemen Kurikulum 1999
Pada tahun 1994 pemerintah memperbarui kurikulum sebagai upaya memadukan kurikulum kurikulum sebelumnya, terutama Kurikulum 1975 dan 1984. Namun, perpaduan antara tujuan dan proses belum berhasil. Sehingga banyak kritik berdatangan, disebabkan oleh beban belajar siswa dinilai terlalu berat, dari muatan nasional sampai muatan lokal. Misalnya bahasa daerah, kesenian, keterampilan daerah, dan lain-lain.

h)     Kurikulum 2004, KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi)
Pada 2004 diluncurkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sebagai pengganti Kurikulum 1994. Suatu program pendidikan berbasis kompetensi harus mengandung tiga unsur pokok, yaitu pemilihan kompetensi sesuai, spesifikasi indikator-indikator evaluasi untuk menentukan keberhasilan pencapaian kompetensi, dan pengembangan pembelajaran.
KBK mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa baik secara individual maupun klasikal, berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman. Kegiatan belajar menggunakan pendekatan dan metode bervariasi, sumber belajar bukan hanya guru, tetapi juga sumber belajar lainnya yang memenuhi unsur edukatif.

i)        Kurikulum 2006, KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
Kurikulum ini hampir mirip dengan Kurikulum 2004. Perbedaan menonjol terletak pada kewenangan dalam penyusunannya, yaitu mengacu pada jiwa dari desentralisasi sistem pendidikan. Pada Kurikulum 2006, pemerintah pusat menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Guru dituntut mampu mengembangkan sendiri silabus dan penilaian sesuai kondisi sekolah dan daerahnya. Hasil pengembangan dari semua mata pelajaran dihimpun menjadi sebuah perangkat dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

j)        Kurikulum 2013
Kurikulum ini adalah pengganti kurikulum KTSP. Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. Di dalam Kurikulum 2013, terutama di dalam materi pembelajaran terdapat materi yang dirampingkan dan materi yang ditambahkan. Materi yang dirampingkan terlihat ada di materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dsb., sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika.
Perubahan untuk Kurikulum 2013 Revisi 2017 lebih difokuskan untuk meningkatkan hubungan atau keterkaitan antara komptensi inti (KI) dan Kompetensi Dasar berbeda dengan RPP K13 Edisi Revisi 2016. Sedangkan dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2017, yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

Perbaikan atau revisi Kurikulum 2013 tahun 2017 Adalah sebagai berikut :
Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

            Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Pengintegrasian dapat berupa :
  • Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas); 
  • Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; 
  • Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Perdalaman dan perluasan dapat berupa:
  • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa, 
  • Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah; 
  • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Penjelasan Singkat tentang Gerakan Literasi Sekolah
Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).
Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

            Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

Permasalahan :
1)Berdasarkan pendapat Olivia mengenai hubungan kurikulum dan pengajaran terdapat 4 model, menurut Anda bagaimanakah hubungan kurikulum dan pengajaran pada kurikulum 2013 ini terkhusus revisi 2017 dan 2018?
2) Seperti yang kita ketahui pengajaran tergantung pada guru yang mengajar, keadaan di lapangan sampai saat ini pun masih banyak sekali guru yang belum terbiasa bahkan belum menggunakan kurikulum 2013 dalam pengajaran di kelas, bisa dikatakan hanya sebatas rpp kurikulum 2013 namun pada pelaksanaan tidak sama sekali, walaupun sudah mendapatkan pelatihan, dll agar dapat menjalankan kurikulum 2013 tersebut dengan baik. Belum terlaksana dengan baik kurikulum 2013 awal sudah ada lagi revisi 2017 bahkan 2018. Bukankah ini masih merupakan suatu masalah bagi kurikulum 2013? Bagaimana pendapat Anda melihat  masalah ini? Mengingat harapan terhadap siswa dalam kurikulum 2013 terkhusus revisi 2018 yang terintegrasi dengan  harapan siswa memiliki skill 4C bahkan High Order Thinking Skill?






15 comments:

  1. Menjawab pertanyaan nomor 2. Menurut dian tidak semua guru yang seperti itu. Hanya ada beberapa. Dan yang membuat seperti itu karena gurunya yang belum siap dengan adanya perubahan yang begitu cepat. Karena dari k13 ke k13 revisi 2016 jaraknya tidak jauh apalagi ke revisi 2017 bahkan 2018. Sehingga guru pun jdi belum terlalu siap dengan perubahan sistem pendidikan ini. Walaupun telah di lakukan pelatihan namun masih ada guru yg belum menerapkan kurikulum yg di pakai itu berati gurunya belum memahami seutuhnya. Dan juga mungkin guru perlahan menyesuaikan dengan beragam karakteristik siswa. Karena kita tau k13 revisi ini sangat menuntun nilai afektif nya. Baru di ikuti dengan keterampilan dan kognitifnya.jadi sebenarnya tidak mudah guru dalam mengimplementasikannya.namun saya yakin guru tau dengan perkembangan sistem pendidikan ini hanya saja belum terlalu siap dan paham dengan pelaksanaannya.
    Guru saja kurang memahami apalagi siswa sendiri?
    Mereka harus belajar mengejar materi yang sudah di susun dalam kurikulum. Tidak lama kemudian keluar kurikulum baru tentu akan berubah lagi tuntutan yg di minta. Sehingga itu akan membuat siswa menjadi rendah tingkat pemahamannya.
    Jadi sebenarnya ini permasalahan yaang sering terjadi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Saya setuju dengan saudari Dian dimana tidak semua guru yang seperti itu. Hanya ada beberapa. Dan yang membuat seperti itu karena gurunya yang belum siap dengan adanya perubahan yang begitu cepat.

      Dalammengimplementasikan kurikulum, yang jauh lebih penting adalah guru sebagai ujung tombak bahkan bisa menjadi ujung tombok serta garda terdepan dalam pelaksanakan kurikulum. Sebaik apapun kurikulum yang dibuat, jika guru yang menjalankan tidak memiliki kemampuan yang baik, maka kurikulum tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

      Kompetensi guru bukan saja menguasai apa yang harus dibelajarkan (content) tapi bagaimana membelajarkan siswa yang menantang, menyenangkan, memotivasi, menginspirasi dan memberi ruang kepada siswa untuk melakukan keterampilan proses yaitu mengobservasi, bertanya, mencari tahu, merefleksi sebagaimana dinyatakan filosof Betrand Russel (dikutip oleh Hidayat 2013, h.5) “More important than the curriculum is the question of the methods of teaching and the spirit in which the teaching is given”. Kurikulum penting, tetapi yang tak kalah pentingnya juga adalah bagaimana strategi membelajarkan dan spiritnya. Dengan strategi pembelajaran yang tepat dalam mengimplementasikan kurikulum disertai dengan spirit pendidikan yang selalu menggelora pada setiap guru atau pendidik dan peserta didik, maka proses pendidikan itu sendiri tidak terlepas dari rohnya.

      Guru-guru yang kurang kompeten menurut hasil UKG dituntut untuk merubah pendekatan, dan teknik mereka dalam mengajar. Mengajar dengan kurikulum lama saja mereka sudah kualahan lalu bagaimana jika mereka harus dituntut untuk mengajar dan mengevaluasi siswa mereka dengan metode dan teknik yang sama sekali baru bagi mereka. Sedangkan, Para guru itulah yang berada di garda terdepan dalam implementasi kurikulum 2013.
      Namun merubah paradigma pembelajaran ini tak semudah membalik telapak tangan. Guru di Indonesia sudah terlampau biasa mengajar dengan pendekatan konvensional (ceramah). Siswapun ditempatkan tetap sebagai objek dari transfer ilmu sang guru. Guru-guru Indonesia seakan belum mengajar jika tidak berbicara panjang lebar di depan kelas. Artinya jika ingin merubah paradigm proses pembelajaran maka yang harus dibenahi terlebih dahulu adalah guru. Gurulah yang harus dirubah mindset cara mengajar mereka.

      Artinya, dibutuhkan upaya yang serius untuk mentransformasi pandangan para guru dalam mengajar di kelas.

      Delete
  2. untuk pertanyaan yang kedua menurut saya kurikulum itu harus mengikuti perubahan jaman, sehingga perlu adanya penyesuaian. Prinsip yang harus dipegang dalam mengembangkan kurikulum yaitu relevan, fleksibel, kontiniu, efektif, efisien dan praktis. Dilandaskan berdasarkan filsafat, sosial dan budaya, mahasiswa dan teori belajar.

    ReplyDelete
  3. saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 2, guru sebagai tenaga ajar yang profesional seharusnya dapat menyesuaikan diri dengan perubahan, menerapkan model pembelajaran
    yg relevan dengan kurikulum yag semakin berkembang, kurikulum yang berlaku direvisi kan pada dasarnya untuk memperbaiki kekurangan pada kurikulum sebelumnya guna meningkatkan skill dan karakter siswa.
    guru memang dibebankan dengan hal yang cukup sulit namun itu merupakan tugas, kewajiban guru tidak hanya sebagai fasilitator, tetapi manager dalam kegiatan belajar. semoga ke depannya guru dapat menyadari hal tersebut dan dapat lebih fleksibel lagi dalam menghadapi dinamisme pendidikan yang semakin maju

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dengan pendapat kak rini dimana bahwa guru sebagai tenaga ajar yang profesional seharusnya dapat menyesuaikan diri dengan perubahan, menerapkan model pembelajaran
      yg relevan dengan kurikulum yag semakin berkembang, kurikulum yang berlaku direvisi kan pada dasarnya untuk memperbaiki kekurangan pada kurikulum sebelumnya guna meningkatkan skill dan karakter siswa.

      Delete
  4. Menanggapi permasalahan nomor 1, menurut saya hubungan kurikulum dan pengajaran itu sangat berkaitan dimana berdasarkan ke empat model tersebut dapat dijadikan pedoman untuk melihat keberhasilan kurikulum terhadap pembelajaran. Dengan berpedoman kepada 4 model ini maka adakalanya kurikulum sifatnya tunggal dimana posisi kurikulum menjadi pedoman dalam semua kegiatan pembelajaran lalu posisi pembelajaran lebih kepada tolak ukur sukses atau tidaknya kurikulum tersebut. selanjutnya ada pulakalanya kurikulum adalah bagian dari pembelajaran itu sendiri atau pembelajaran adalah bagian dari kurikulum, serta kurikulum dan pembelajaran adalah dua hal yang terpisah / berbeda tetapi memiliki hubungan timbal balik antar keduanya, kurikulum lebih mengarah kepada rencana pelaksanaan pembelajaran lalu peran pembelajaran adalah pada mempengaruhi dalam perancangan kurikulum selanjutnya.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. saya mencoba menjawab pertanyaan ke-2 dimana k13 merupakan awal dr kurikulum yang mementingkan softskill siswa terasah. k13 ini dengan revisi 2017 dan 2018 tidak jauh berbeda. dan saya setuju dgn pendapat kak rini, dimana revisi ini untuk memperbaiki kurikulum yang ada tetapi tidak sepenuhnya berubah. hanya ada penambahan beberapa komponen yang sebenarnya berkesinambungan dan sejalan dgn tujuan kurikulum k13 seperti penerapan 4c, HOTS, dan PPK. guru seharusnya tidak perlu terkejut, dan tetap melaksanakan kurikulum yang ada karna guru harus bisa beradaptasi dgn perubahan kurikulum ini, agar siswa pun juga dapat menerapkan karakter yang ditanam oleh guru tsb. guru pun harus up to date terhadap permasalahan dalam pendidikan. seperti contohnya dalam lingkungan sosial saat sedang booming "lipstick matte". Banyak produsen/peneliti ingin mengembangkan bagaimana cara pembuatan "lipstick matte" sehingga berbagai macam merek di keluarkan dari berbagai perusahaan ternama bahkan lokal di dunia. guru pun juga harus begitu, ketika ada perubahan kurikulum, guru harus memiliki "rasa ingin tahu" mengenai tujuan, komponen, dll dari kurikulum tsb. sehingga guri bisa membuat metode atau model pengajaran sendiri di kelasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sependapat dengan rina bahwa revisi ini untuk memperbaiki kurikulum yang ada tetapi tidak sepenuhnya berubah. hanya ada penambahan beberapa komponen yang sebenarnya berkesinambungan dan sejalan dgn tujuan kurikulum k13. guru seharusnya tidak perlu terkejut, dan tetap melaksanakan kurikulum yang ada karna guru harus bisa beradaptasi dgn perubahan kurikulum ini, agar siswa pun juga dapat menerapkan karakter yang ditanam oleh guru tsb. guru pun harus up to date terhadap permasalahan dalam pendidikan.

      Delete
  7. Menanaggapi pertanyaan pertama, saya sependapat dengan apa yang telah disampaikan oleh syafira, bahwa Kurikulum 2013 saling terkait dengan Kurikulum 2013 revisi 2018. Pada dasarnya, mencul istilah kurikulum 2013 revisi ini hanya merupakan suatu bentuk penyempurnaan dan pengembangan dari undang-undang (UU) , peraturaturan pemerintah (PP) maupun peraturan menteri (permen) yang terkait dengan peraturan sebelumnya. Secara sederhana, kurikulum 2013 revisi menambahkan beberapa penerapan berbasis "Skill" seperti keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) , literasi dan PPK (pendidikan karakter) . Disamping itu juga menekankan pada penerapan HOTS ( Higher Order of Thinking Skill) dalam penyelesaian masalah.

    Menanggapi pertanyaan kedua,
    pada prinsipnya semua berpulang kepada diri pribadi pendidik masing-masing. Menjadi masalah ? ... benar, jika pendidik tidak "open" dengan segala perubahan dan perkembangan yang terjadi. Namun apabila hal ini disikapi dengan bijaksana, seorang pendidik harus mampu dan berkomitmen untuk melaksanakan tugas dengan baik dan tentunya hal ini sarat dengan berbagai perubahan dalam proses perkembangannya.

    ReplyDelete
  8. Dalam dunia pendidikan, kurikulum semacam barometer untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran sehingga salah satu ensitas yang dikatakan sangat urgen dalam dalam pendidikan adalah anatomi kurikulum itu sendiri. Kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi nasional. seperti apa kompetensi yang diharapkankan begitu pula kurikulum yang disusun. jadi,kurikulum adalah rancangannya, dan dalam proses pembelajaranlah aplikasinya.
    Menanggapi pertanyaan kedua, terkadang pendidik kita bersikap tak acuh dan masa bodoh dengan perkembangan zaman dan berbagai perubahan. Sehingganya mereka merasa puas dengan apa yg mereka punya. Ketidaktahuan mereka akan teknologi menyebabkan ketinggalan dalm berbagai hal. Saya menyarankan agar para pendidik muda agar mampu membimbing dan menyarankan para pendidik "senior" agar melek IT, agar tidak ketinggalan lagi.

    ReplyDelete
  9. tanggapan saya untuk permasalah yang kedua yaitu guru masih terbiasa dengan cara/metode-metode pembelajaran yang digunakannya. sehingga penerapan kurikulum 2013 masih hanya sebatas RPP saja. salah satu solusi nya yaitu, jika kita sebagai teman/guru dalam satu sekolah yang perlu juga perlu memberi arahan yang dapat diubah pola pikir guru tersebut.

    ReplyDelete
  10. Kurikulum 2013 revisi 2017 dan 2018 termasuk kedalam model kurikulum siklus, Model ini menggambarkan hubungan timbal balik antara kurikulum dan pengajaran. Keduanya dianggap saling mempengaruhi. Segala yang ditentukan dalam kurikulum akan menjadi dasar dalam proses pelaksanaan pengajaran. Sebaliknya yang terjadi dalam pengajaran dapat memengaruhi keputusan kurikulum selanjutnya. Sangat jelas sekali bahwa segala sesuatu yang ingin diperbaiki di kurikulum 2013 menjadi penentu yang akan diperbaiki di kurikulum selanjutnya. Begitu juga dengan Kurikulum 2013 revisi 2017 ke revisi 2018.

    ReplyDelete
  11. saya sependapat dengan safira, mengenai soal no. 1)Berdasarkan pendapat Olivia mengenai hubungan kurikulum dan pengajaran terdapat 4 model, menurut Anda bagaimanakah hubungan kurikulum dan pengajaran pada kurikulum 2013 ini terkhusus revisi 2017 dan 2018?
    Hubungan kurikulum dan pengajaran itu sangat berkaitan dimana berdasarkan ke empat model tersebut dapat dijadikan pedoman untuk melihat keberhasilan kurikulum terhadap pembelajaran. kurikulum juga merupakan bagian dari pembelajaran itu sendiri atau pembelajaran adalah bagian dari kurikulum, serta kurikulum dan pembelajaran adalah dua hal yang terpisah / berbeda tetapi memiliki hubungan timbal balik antar keduanya, kurikulum lebih mengarah kepada rencana pelaksanaan pembelajaran lalu peran pembelajaran adalah pada mempengaruhi dalam perancangan kurikulum selanjutnya.

    ReplyDelete

Materi 14 : INOVASI SINTAK 5E DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Learning Cycle         Siklus belajar 5E  (learning cycle 5E)   adalah salah satu model konstruktivis lengkap dalam kasus pembelajaran b...